- Kategori : Makalah Manajemen( Microsoft Word)
- Kode : MMaj 2009-05-MW-001
- Judul : Manajemen Pelayanan Keperawatan
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pelayanan keperawatan merupakan salah satu bagian dari pelayanan profesional kesehatan, yakni profesi keperawatan, sehingga disebut sebagai pelayanan keperawatan profesional. Pelayanan keperawatan profesional merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang didasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan, berbentuk pelayanan bio-psiko-sosio-spiritual dan mungkin juga “cultural” yang komprehensif yang ditujukan kepada individu, keluarga dan masyarakat, baik sakit maupun sehat yang mencakup seluruh proses kehidupan manusia.
Pelayanan keperawatan berupa bantuan yang diberikan karena adanya kelemahan fisik dan mental, keterbatasan pengetahuan serta kurangnya kemauan untuk melaksanakan kehidupan sehari-hari secara mandiri. Kegiatan dilakukan dalam upaya peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, penyembuhan, pemulihan serta pemeliharaan kesehatan dengan penekanan pada upaya pelayanan kesehatan utama (primary health care) sesuai dengan wewenang, tanggung jawab dan etika profesi keperawatan.
Kontribusi pelayanan terhadap pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di sarana kesehatan sangat tergantung pada manajemen pelayanan keperawatan. Manajemen pelayanan keperawatan merupakan suatu proses perubahan atau transformasi dari sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan pelayanan keperawatan melalui pelaksanaan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengaturan ketenagaan, pengarahan, evaluasi dan pengendalian mutu keperawatan (Dep.Kes. R.I., 2001)
Manajer pelayanan keperawatan bertanggung jawab untuk mengelola secara optimal pelayanan / asuhan klien dan menghasilkan peningkatan kesehatan klien dengan menggunakan biaya seefektif mungkin dalam memanfaatkan sumber yang diperlukan. Sedangkan tujuan pelayanan keperawatan adalah memberikan asuhan keperawatan yang penuh empati kepada klien tanpa diskriminasi, memperlakukan klien berdasarkan nilai kemanusiaan, memampukan klien memenuhi kebutuhan dasarnya dan memberikan informasi tentang kondisi kesehatannya serta berperan serta dalam pengambilan keputusan terkait dengan diri klien.
Dalam memberikan pelayanan professional, manajer keperwatan dituntut untuk akuntabel terhadap pengelolaan pelayanan keperawatan yang menjadi tanggung jawabannya serta kewenangannya. Untuk mencapai pelayanan keperawatan yang bermutu, diperlukan kontribusi optimal terhadap pelayanan kesehatan sehingga perlu dilakukan upaya penilaian secara berkesinambungan dan konsisten terhadap pelaksanaan seluruh fungsi manajemen. Penilaian dilakukan dengan cara membandingkan pelaksanaan fungsi manajemen secara factual dengan yang diharapkan.
Manajemer pelayanan keperawatan bertanggung jawab memberikan pengalaman belajar yang tepat dan lingkungan belajar yang kondusif serta menjadi contoh peran bagi semua pegawai pada sarana kesehatan, termasuk bertanggung jawab dalam penelitian keperawatan dengan memprakarsai penelitian, memantau proses penelitian dan mengimplementasikan temuan hasil penelitian untuk meningkatkan mutu asuhan keperawatan , pengelolaan ruang rawat dan pengembangan staf.
Untuk mendukung terlaksanannya tanggung jawab tersebut, manajer keperawatan harus mengacu pada visi, misi organisasi, atau sarana kesehatan dan falsafat pelayanan keperawatan. Untuk itu diperlukan suatu ukuran yang dapat digunakan sebagai acuan untuk mengukur mutu manajemen pelayanan keperawatan di sarana kesehatan. Standar ini merupakan standar yang bersifat nasional yang dapat digunakan di sarana kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas dengan temapt tidur, rumah bersalin sesuai dengan kondisi daerah.
Dengan mengacu pada dasar hukum yang telah ada seperti UU No. 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan, P.P No. 23 Tahun 1996 tentang Tenaga Kesehatan UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Direktorat Pelayanan Keparawatan bekerja sama dengan organisasi profesi (PPNI dan IBI), Institut Pelayanan dan Pendidikan Keperawatan dan Kebidanan, menyusun standar manajemen pelayanan keperawatan.
Tujuan manajemen pelayanan keperawatan secara umum adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di sarana kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas melalui peningkatan mutu pelayanan keperawatan dan kebidanan. Secara khusus tujuan manajemen pelayanan keperawatan adalah agar tersusun standar-standar yang akan menjadi petunjuk dalam hal perencanaan pelayanan keperawatan, pengorganisasian pelayanan keperawatan, pengaturan tenaga keperawatan, pengarahan pelayanan keperawatan, evaluasi pelayanan keperawatan dan pengendalian mutu pelayanan keperawatan.
Tujuan
Tujuan dari penyusunann makalah ini yaitu :
1. Untuk mengetahui pengertian dan ruang lingkup standar manajemen keperawatan.
2. Untuk mengetahui sistem manajemen keperawatan.
3. Untuk mengetahui prinsip manajemen keperawatan dan efisiensi.
4. Untuk mengetahui sistem klasifikasi pasien.
5. Untuk mengetahui model praktek keperawatan profesional.
Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang coba dikemukakan dalam makalah ini adalah sebagai berikut :
1. Apakah pengertian dan ruang lingkup standar manajemen keperawatan ?
2. Bagaimanakah sistem manajemen keperawatan ?
3. Apa saja prinsip manajemen keperawatan dan efisiensi ?
4. Bagaimanakah sistem klasifikasi pasien ?
5. Bagaimanakah model praktek keperawatan profesional ?
Daftar Pustaka : 3 (1999-2006)
Kata Kunci : Manajemen Pelayanan Keperawatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar