- Kategori : Makalah Komunikasi ( Microsoft Word)
- Kode : MKom 2009-05-MW-004
- Judul : Pemasaran Sosial
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Dalam sejarah, Hittler dikenal sebagai seorang pemimpin yang diktator dan kejam, namun dari kaca mata sosial, Hittler merupakan pemasar ide yang berhasil karena ia mampu menamkan ideologinya yang walaupun dikaji dari segi moral sangatlah tidak manusiawi, namun tetap dipegang teguh oleh seluruh pengikutnya.
Hittler menanamkan idenya dengan pendekatan kekerasan dan juga teror, namun demikian seiring dengan perkembangn zaman yang diikuti oleh perkembangan pola berpikir, maka cara yang ditempuh hittler tersebut tidak lagi relevan untuk diterapkan kembali di masa sekarang ini.
Di masa sekarang ini pemasaran ide lebih efektif jika dilakukan dengan pendekatan persuasif. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi di bidang komunikasi massa yakni media komunikasi yang dapat menjangkau massa dalam jumlah besar dalam waktu yang relatif singkat.
Namun demikian, dalam memasarkan ide diperlukan ketelitian dan kemampuan untuk membaca pasar, mensegmentasikan pasar serta pengambilan tindakan yang tepat karena masyarakat memiliki persepsi yang sangat variatif dan dinamis. Disinilah letak tantangan dari pemasaran sosial yakni bagaimana cara menanamkan ide atau pemikiran yang sama terhadap komunitas yang majemuk.
Tujuan atau hasil akhir yang ditawarkan dalam pemasaran sosial ialah adanya perubahan persepsi sesuai dengan ide yang kita pasarkan yang pada akhirnya akan berdampak pada perubahan tingkah laku.
Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah:
1. Bagaimana konsep pemasaran ?
2. Bagaimana konsep pemasaran sosial ?
Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini, yaitu sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui konsep pemasaran secara umum
2. Untuk konsep pemasaran sosial
Daftar Pustaka : 6 (1994- 2005)
Kata Kunci : Pemasaran Sosial, Komunikasi Kesehatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar