Baca !

Untuk Memperoleh Naskah Makalah, Skripsi dan karya Tulis di Dalam Blog ini Secara Lengkap


- Anda tidak perlu repot-repot mencari literatur yang anda inginkan dalam waktu yang relative singkat anda telah langsung mendapatkannya file skripsi, makalah dan karya tulis yang Anda inginkan…

- Pesan Sekarang Juga …

  1. Blog ini hanya menampilkan abstrak dari skripsi dan karya tulis sedangkan makalah hanya menampilkan bagian pendahuluan.
  2. Jika Anda menginginkan untuk memperoleh keseluruhan makalah, skripsi atau karya tulis maka Anda diwajibkan untuk mentransfer dana kepada pengelolah Blog ini, hitung-hitung sebagai pengganti biaya pengetikan/foto copy.

- Biaya untuk skripsi Rp 150.000,00- (Seratus Lima Puluh Lima Ribu Rupiah)

- Biaya untuk Makalah Rp 80.000,00- (Delapan Puluh Ribu Rupiah)

- Biaya untuk karya tulis Rp 120.000,00- (Seratus Dua Puluh Ribu Rupiah)

  1. Pemesanan dapat dilakukan via email : papersvzone@gmail.com

Dengan menyebutkan kategori (makalah/skripsi/karya tulis ilmiah), kode, dan judul naskah yang dipesan.

Contoh :

- Kategori : Skripsi

- Kode : S-2009-05-MW-002

- Judul : Studi Mutu Pelaksanaan Pelayanan Antenatal Di Puskesmas Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan Propinsi Sulawesi Tengah Tahun 2005

- *) Kirimkan format ini via email ke : papersvzone@gmail.com

  1. Pembayaran dilakukan melalui Bank Muamalat dengan No. Rekening : 918 3415099
  2. Setelah melakukan pembayaran maka Anda perlu mengkonfirmasi kepada Kami via email : papersvzone@gmail.com
  3. Setelah konfirmasi anda lakukan kami akan mengirimkan naskah skripsi, makalah dan karya tulis yang anda pesan melalui email Anda.
  4. Transaksi ini didasarkan pada kejujuran dan jika anda mempunyai Komplain, kritik atau saran silahkan kirimkan kepada kami via email : papersvzone@gmail.com
  5. Jika Anda menginginkan contoh makalah, skripsi dan karya tulis lengkap namun tidak tertera dalam Blog ini, maka Kami menawarkan diri untuk mencarikannya ! Dengan ketentuan biaya :

- Biaya untuk skripsi Rp 150.000,00 + Rp 100.000 (Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)

- Biaya untuk Makalah Rp 80.000,00 + Rp 30.000,00 (Seratus Sepuluh Ribu Rupiah)

- Biaya untuk karya tulis Rp 120.000,00 + Rp 60.000,00 (Seratus Delapan Puluh Ribu Rupiah)

  1. Pemesanan dapat dilakukan via email : papersvzone@gmail.com

Dengan menyebutkan kategori (makalah/skripsi/karya tulis ilmiah), judul naskah yang diinginkan serta deskripsi singkat tentang naskah yang diinginkan.

Contoh :

- Kategori : KTI (Microsoft Word)

- Kode : KTI-2009-05-MW-001

- Judul : Penerapan Teknologi Biogas Sebagai Solusi Terhadap Masalah Sampah di Kota Makassar

- Deskripsi : Teknik Biogas sebagai solusi dari permasalahan sampah

(Deskripsikan sesuai yang anda inginkan)

*) Kirimkan format ini via email ke : papersvzone@gmail.com

  1. Kami akan mengkonfirmasi kepada Anda melalui email Anda. Apakah Kami menemukan ataukan tidak menemukan naskah yang anda maksudkan. Jika Kami menemukan naskah yang anda cari, maka Kami akan mengirimkan abstrak naskah tersebut. Jika Anda menyetujui naskah tersebut maka silahkan lakukan Pembayaran melalui Bank Muamalat dengan No. Rekening: 918 3415099
  2. Setelah melakukan pembayaran maka Anda perlu mengkonfirmasi kepada Kami via email : papersvzone@gmail.com
  3. Setelah konfirmasi anda lakukan Kami akan mengirimkan naskah tersebut melalui email Anda.
  4. Transaksi ini didasarkan pada kejujuran dan jika anda mempunyai Komplain, kritik atau saran silahkan kirimkan kepada Kami via email : papersvzone@gmail.com

Terima Kasih

Sponsor Papers

Rabu, 13 Mei 2009

Pengelolaan Limbah Industri Pangan

- Kategori : Makalah Lingkungan ( Microsoft Word)

- Kode : ML-2009-05-MW-005

- Judul : Pengelolaan Limbah Industri Pangan

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kemajuan industri dan teknologi dimanfaatkan manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Namun pada sisi lain manusia juga mulai ketakutan akan adanya pencemaran lingkungan yang ditimbulkan oleh kemajuan industri dan teknologi tersebut. Salah satunya adalah pencemaran air yang disebabkan oleh limbah atau air buangan. Semua kegiatan industri dan teknologi selalu akan menghasilkan limbah yang menimbulkan masalah bagi lingkungan. Air limbah itu sendiri adalah air yang tersisa dari kegiatan manusia, baik kegiatan rumah tangga maupun kegiatan lain seperti industri, perhotelan, dan sebagainya. Meskipun merupakan air sisa, namun volumenya besar, karena lebih kurang 80 % dari air yang digunakan bagi kegiatan-kegiatan manusia sehari-hari tersebut dibuang lagi dalam bentuk yang sudah kotor (tercemar). Selanjutnya air limbah ini akhirnya akan mengalir ke sungai dan laut dan akan digunakan oleh manusia lagi. Oleh sebab itu, air buangan ini harus dikelola dan atau diolah secara baik.

Pengolahan air limbah dimaksudkan untuk melindungi lingkungan terhadap pencemaran air limbah tersebut. Secara ilmiah sebenarnya lingkungan mempunyai daya dukung yang cukup besar terhadap gangguan yang timbul karena pencemaran air limbah tersebut. Namun demikian, alam tersebut mempunyai kemampuan yang terbatas dala daya dukungnya, sehingga air limbah perlu diolah sebelum dibuang. Saat ini, penanganan limbah baik limbah industri maupun limbah domestik merupakan masalah teknologi yang rumit dan penuh tantangan. Pengolahan dapat dilakukan dalam berbagai bentuk dengan mempertimbangkan berbagai hal seperti jenis limbah, cara pengolahan, biaya yang diperlukan dan lain sebagainya. Pengolahan limbah dapat dilakukan dengan sistem aerobik, anaerobik, dengan system kolam dan lagun ataupun dengan cara fisik dan kimia. Di Negara berkembang kolam air limbah termasuk proses yang paling sering dipakai untuk membersihkan air limbah alasannya ialah kolam-kolam air limbah memiliki beberapa keuntungan misalnya kesederhanaan pengoperasiaanya, dan tidak mempunyai kerugian seperti misalnya kurang berfungsi selama musim dingin, seperti yang terjadi di negara-negara industri.

Sebuah perkembangan yang relatif baru yang semakin menarik perhatian sekarang ini ialah kolam air limbah dengan menggunakan tanaman. Penyebabnya ialah beberapa keuntungan konkret yang dapat dibuktikan dalam situasi-siatuasi khusus, dan juga tuntutan yang semakin sering muncul untuk lebih banyak memakai proses pembersihan limbah yang lebih bersifat alami. Terbukti bahwa penemaptan tanaman dapat memperbaiki efisiensi kolam-kolam air limbah dalam situasi tertentu, dan kolam tanaman dari sisi ekologi pada umumnya menguntungkan.. jenis tanaman yang disenangi untuk kolam air limbah di Negara berkembang ialah enceng gondok. Perhatian terhadap enceng gondok meningkat bukan hanya karena pengaruh keberhasilan penggunaannya di Amerika Serikat melainkan juga mengingat situasi iklim di kebanyakan Negara berkembang. Pada iklim tropis dan subtropis, tanaman enceng gondok merupakan gulma yang dapat tumbuh dalam situasi apapun. Dengan demikian dilihat dari sisi pembersihan limbah, enceng gondok dapat dijadikan sebagai pilihan terkuat.

Kolam enceng gondok merupakan alternative pengolahan limbah secara biologic dengan alasan pengoperasian yang mudah serta penggunaan biaya yang relative murah sangat cocok untuk diterapkan di Negara berkembang seperti Indonesia. Oleh karena itu, dalam makalah ini akan dibahas mengenai pengolahan limbah melalui kolam enceng gondok dengan harapan dapat dijadikan bahan penelitian lebih lanjut.

B. Rumusan Masalah

Rumusan masalah yang akan menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, kami batasi pada :

1. Definisi limbah

2. karakteristik air limbah

3. Keuntungan Pengolahan limbah dengan system kolam enceng gondok

4. Peranan tanaman enceng gondok dalam membersihkan air limbah

5. Mekanisme kerja kolam enceng gondok dalam membersihkan air limbah

6. Rancangan dan konstruksi kolam enceng gondok sebagai pengolah air limbah.

C. Tujuan dan Manfaat Penulisan Makalah

Berdasarkan dari rumusan masalah di atas, maka tujuan yang akan dicapai dari pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut :

1. Untuk memahami batasan definisi air limbah.

2. Untuk mengetahui karakteristik air limbah.

3. Untuk mengetahui dan memahami keuntungan apa saja yang dapat diperoleh dari pengolahan air limbah dengan system kolan enceng gondok

4. Untuk mengetahui bagaimana peranan tanaman enceng gondok terhadap pembersihan air limbah.

5. Untuk mengetahui bagaiaman mekanisme kerja kolam enceng gondk dalam membersihkan air limbah.

6. untuk mengetahui bagaimanan proses rancangan dan kontruksi kolam enceng gondok sebagai system pengolah air limbah.

Daftar Pustaka :

Kata Kunci : Pengelolaan Limbah Industri, limbah Industri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar