Baca !

Untuk Memperoleh Naskah Makalah, Skripsi dan karya Tulis di Dalam Blog ini Secara Lengkap


- Anda tidak perlu repot-repot mencari literatur yang anda inginkan dalam waktu yang relative singkat anda telah langsung mendapatkannya file skripsi, makalah dan karya tulis yang Anda inginkan…

- Pesan Sekarang Juga …

  1. Blog ini hanya menampilkan abstrak dari skripsi dan karya tulis sedangkan makalah hanya menampilkan bagian pendahuluan.
  2. Jika Anda menginginkan untuk memperoleh keseluruhan makalah, skripsi atau karya tulis maka Anda diwajibkan untuk mentransfer dana kepada pengelolah Blog ini, hitung-hitung sebagai pengganti biaya pengetikan/foto copy.

- Biaya untuk skripsi Rp 150.000,00- (Seratus Lima Puluh Lima Ribu Rupiah)

- Biaya untuk Makalah Rp 80.000,00- (Delapan Puluh Ribu Rupiah)

- Biaya untuk karya tulis Rp 120.000,00- (Seratus Dua Puluh Ribu Rupiah)

  1. Pemesanan dapat dilakukan via email : papersvzone@gmail.com

Dengan menyebutkan kategori (makalah/skripsi/karya tulis ilmiah), kode, dan judul naskah yang dipesan.

Contoh :

- Kategori : Skripsi

- Kode : S-2009-05-MW-002

- Judul : Studi Mutu Pelaksanaan Pelayanan Antenatal Di Puskesmas Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan Propinsi Sulawesi Tengah Tahun 2005

- *) Kirimkan format ini via email ke : papersvzone@gmail.com

  1. Pembayaran dilakukan melalui Bank Muamalat dengan No. Rekening : 918 3415099
  2. Setelah melakukan pembayaran maka Anda perlu mengkonfirmasi kepada Kami via email : papersvzone@gmail.com
  3. Setelah konfirmasi anda lakukan kami akan mengirimkan naskah skripsi, makalah dan karya tulis yang anda pesan melalui email Anda.
  4. Transaksi ini didasarkan pada kejujuran dan jika anda mempunyai Komplain, kritik atau saran silahkan kirimkan kepada kami via email : papersvzone@gmail.com
  5. Jika Anda menginginkan contoh makalah, skripsi dan karya tulis lengkap namun tidak tertera dalam Blog ini, maka Kami menawarkan diri untuk mencarikannya ! Dengan ketentuan biaya :

- Biaya untuk skripsi Rp 150.000,00 + Rp 100.000 (Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)

- Biaya untuk Makalah Rp 80.000,00 + Rp 30.000,00 (Seratus Sepuluh Ribu Rupiah)

- Biaya untuk karya tulis Rp 120.000,00 + Rp 60.000,00 (Seratus Delapan Puluh Ribu Rupiah)

  1. Pemesanan dapat dilakukan via email : papersvzone@gmail.com

Dengan menyebutkan kategori (makalah/skripsi/karya tulis ilmiah), judul naskah yang diinginkan serta deskripsi singkat tentang naskah yang diinginkan.

Contoh :

- Kategori : KTI (Microsoft Word)

- Kode : KTI-2009-05-MW-001

- Judul : Penerapan Teknologi Biogas Sebagai Solusi Terhadap Masalah Sampah di Kota Makassar

- Deskripsi : Teknik Biogas sebagai solusi dari permasalahan sampah

(Deskripsikan sesuai yang anda inginkan)

*) Kirimkan format ini via email ke : papersvzone@gmail.com

  1. Kami akan mengkonfirmasi kepada Anda melalui email Anda. Apakah Kami menemukan ataukan tidak menemukan naskah yang anda maksudkan. Jika Kami menemukan naskah yang anda cari, maka Kami akan mengirimkan abstrak naskah tersebut. Jika Anda menyetujui naskah tersebut maka silahkan lakukan Pembayaran melalui Bank Muamalat dengan No. Rekening: 918 3415099
  2. Setelah melakukan pembayaran maka Anda perlu mengkonfirmasi kepada Kami via email : papersvzone@gmail.com
  3. Setelah konfirmasi anda lakukan Kami akan mengirimkan naskah tersebut melalui email Anda.
  4. Transaksi ini didasarkan pada kejujuran dan jika anda mempunyai Komplain, kritik atau saran silahkan kirimkan kepada Kami via email : papersvzone@gmail.com

Terima Kasih

Sponsor Papers

Rabu, 13 Mei 2009

Pencahayaan

- Kategori : Makalah Higiene Industri ( Microsoft Word)

- Kode : MHI-2009-05-MW-004

- Judul : Pencahayaan

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Negara kita yang terletak di daerah khatulistiwa, dimana sinar matahari pada siang hari selama kurang lebih 12 jam dapat memberikan kebutuhan terhadap mahluk hidup. Cahaya matahari merupakan sumber cahaya yang sangat luar biasa dan tidak tergantikan. Cahaya matahari yang bersifat alami memiliki daya panas dan kimiawi yang dibutuhkan makhluk hidup, memiliki spektrum cahaya lengkap, berlimpah (terutama bagi kita yang berada di area garis khatulistiwa) dan gratis. Sehubungan dengan itu, aktivitas kita dalam bekerja bersumber dari cahaya matahari dan pencahayaan buatan, yaitu listrik. Seiring dengan adanya perkembangan jaman dan kemajuan di sektor industri menuntut manusia untuk menciptakan atau merancang suatu sistem pencahayaan yang intensitas cahayanya tidak lagi tergantung hanya pada sinar matahari tetapi dapat diatur sesuai keinginan dengan mengacu kepada persyaratan fungsionalnya, waktu penggunaannya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sistem pencahayaan ini di namakan pencahayaan buatan.

Cahaya buatan adalah cahaya yang berasal dari hasil karya manusia berupa lampu yang dapat menyinari ruangan sebagai pengganti jika sinar matahari tidak ada. Perkembangan cahaya buatan dimulai dari cahaya obor dari kayu cemara, lampu minyak tanah, lilin, lampu gas sampai pada lampu listrik. Setelah listrik diketemukan, mungkin lampu-lampu jenis lain ada yang sudah tidak dipergunakan lagi. Cahaya buatan yang tidak baik tentunya akan mengganggu aktivitas keseharian kita, misalnya ditempat kita bekerja. Bahkan, dengan cahaya buatan yang baik dan disaring dari “kesilauan” akan bisa mempertinggi aktivitas kita dalam bekerja jika dibandingkan saat beraktivitas dengan cahaya siang alamiah.

Kenyamanan bekerja erat hubungannya dengan kondisi tempat kerja atau lingkungan di sekitarnya, termasuk upaya pengkondisian atau pengaturan sistem pencahayaan yang baik dan sesuai dengan kadar kebutuhan pekerja yang berada dalam ruang bangunan tersebut. Agar suatu sistem pencahayaan di lingkungan kerja dapat memberikan nilai kenyamanan yang cukup bagi pekerja yang berada di dalamnya maka perlu direncanakan dan dirancang mengikuti pedoman teknis yang telah tersedia serta standarisasi pencahayaan yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang dilakukan. Dimana nilai kenyamanan sistem pencahayaan tersebut tidak terlepas dari pemilihan sumber cahaya yang dipergunakan yang disesuaikan dengan jenis kegiatan yang berlangsung di dalamnya, pengaturan atan penempatan sumber cahaya dengan bertumpu pada luas permukaan bangunan, letak ruang bangunan, warna dan bukaan pada dinding. Oleh karena itu untuk menciptakan suatu lingkungan kerja yang nyaman dan memenuhi standar kesehatan diperlungan suatu perancangan sistem pencahayaan yang baik dan sesuai dengan jenis pekerjaan yang dilakukan.

Dengan terciptanya kenyamanan saat bekerja diharapkan dapat mewujudkan kesehatan dan keselamatan pekerja yang pada akhirnya akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas pekerja.

Rumusan Masalah

Bekerja dengan mengandalkan sumber daya manusia secara manual/konvensional mungkin biasa, tetapi akurasi/ketepatan, kecepatan dan kemampuan dapat dipertanyakan. Yang dibutuhkan adalah bekerja secara efisien dan efektif . Efektif atau tidaknya produktivitas tenaga kerja di pengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya yakni faktor lingkungan kerja. Lingkungan atau tempat kerja merupakan wadah dimana prosedur kerja itu terjadi.

Ruang atau tempat kerja harus sarat akan persyaratan-persyaratan yang menunjang prosedur kerja yang efisien dan efektif, termasuk perancangan maupun pengaturan sistem pencahaayan di lingkungan kerja tersebut. Oleh karena itu, dalam makalah ini kami mengangkat beberapa permasalahan yang terkait dengan perancangan sistem pencahayaan buatan di lingkungan kerja sebagai upaya peningkatan efektifitas dan produktifitas tenaga kerja, yaitu sebagai berikut :

1. Teori dasar mengenai pencahayaan.

2. Peranan sistem pencahayaan buatan di lingkungan kerja terhadap efektifitas dan produktifitas tenaga kerja.

3. Berbagai jenis sistem pencahayaan buatan di lingkungan kerja.

4. Perancangan atau pengaturan sistem pencahayaan di lingkungan kerja.

Daftar Pustaka :

Kata Kunci : Pencahayaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar